youtube-logo-black-backgroundAnda pendengar musik di YouTube? Dalam waktu dekat, Anda mungkin tak bisa lagi menonton atau mendengarkan video musik di situs berbagi video terbesar di dunia itu secara gratis.

Pasalnya, perusahaan milik Google itu akan segera meluncurkan layanan musik berbayar. Dengan layanan ini, pelanggan dapat menonton video dan mendengarkan musik tanpa gangguan iklan, termasuk kemampuan menyimpan video musik untuk didengarkan secara offline.

Hal itu dapat terjadi setelah YouTube, melalui sebuah kesepakatan, berhasil meraih lisensi dari ribuan perusahaan rekaman independen yang diwakili agen resminya Merlin. Kesepakatan ini sebagaimana dilaporkan Koresponden Media Digital ft.com, Robert Cookson, dalam sebuah artikel bertanggal 11 November 2014.

Sebelumnya, YouTube juga telah menandatangani kesepakatan dengan tiga perusahaan rekaman besar, yakni Universal, Sony, dan Warner. Akan tetapi, untuk menampilkan layanan dengan katalog lengkap, YouTube membutuhkan persetujuan dari 20 ribu perusahaan rekaman independen yang diwakili Merlin.

Lembaga analisa musik, Midia Research mengatakan, kesepakatan tersebut akan sangat berarti bagi perkembangan pasar industri musik global. Diperkirakan, dengan layanan berbayar, akan menghasilkan pendapatan berlangganan sebesar $15 juta (sekitar Rp183 miliar) dalam waktu satu tahun.

Sejauh ini peran YouTube memang sangat berpengaruh dalam industri musik. Banyak bintang-bintang baru muncul lewat video yang diunggah di YouTube. Di luar negeri ada beberapa nama, sebut saja seperti Adele dan Justin Bieber. Di Indonesia sendiri ada Tegar Septian.

Advertisements