Pada malam hari tak ada sinar matahari. Oleh karena itu malam terasa lebih sejuk dibanding siang. Pada malam hari umumnya orang istirahat. Oleh sebab itu malam jadi lebih tenang. Gelapnya malam mendukung suasana merenung.

Bagi mereka yang bergelut dalam dunia seni kreatif, malam sering dinilai sebagai saat-saat paling produktif. Kesejukan, ketenangan, dan kegelapan malam kerap membantu seseorang merenungkan karya yang akan ditelurkan.

Tentang malam, saya pernah menuangkannya dalam dua buah lagu. Lagu-lagu ini sempat dibawakan Komunitas Musik Hening dalam berbagai kegiatan atau acara.

Berikut lirik-liriknya:

Resah

dalam remang
saat malam diterangi tiga lilin
kuungkapkan pada malam
apa resah di dalam hati

dalam ruang
yang berbatas tembok beton empat sisi
kuungkapkan pada alam
bagaimana resah menjadi

aku ingin menjadi saksi
terbitnya matahari
aku takut tak sanggup lagi
menunggu esok pagi

Mengheningkan Cita

malamku telah hilang
berlalu tanpa kata tanpa mimpi
mentari mulai menyembul
dalam bisik kicau burung menyambut

mata belum terpejam
sebab telinga terbisiki
resah bicara
maut kian terpampang
melangkahi mimpi yang belum terjadi
melangkahi mimpi yang belum terjadi

melayang
angan membara
terpekur aku mengenang cita

melayang angan membara
terpekur aku mengenang cita

