Foto diambil dari dailymail.co.uk
Foto diambil dari dailymail.co.uk

Goal-Line Technology atau Teknologi Garis Gawang ikut menentukan kemenangan Manchester United atas Hull City dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Old Trafford, Manchester, Sabtu (29/11/2014).

Dalam pertandingan tersebut, United mampu melesakkan tiga gol, tanpa mampu dibalas Hull satu pun. Gol pertama Setan Merah, julukan United, diciptakan pemain belakang Chris Smalling pada menit ke-16.

Sepintas tendangan Smalling bisa dihalau kiper Allan McGregor. Namun wasit Anthony Taylor kemudian memutuskannya sebagai gol setelah mendapat sinyal dari Teknologi Garis Gawang, yang mendeteksi bahwa bola telah melewati garis gawang.

Gol kedua dan ketiga United, masing-masing dicetak Wayne Rooney pada menit ke-42 dan Robin van Persie pada menit ke-66. Berkat raihan tiga angka di kandang sendiri itu, pasukan Louis van Gaal tersebut berhak kembali menempati posisi keempat klasemen sementara, setelah beberapa jam sebelumnya diambil-alih Arsenal yang menang atas West Bromwich Albion. Sementara Hull City semakin mendekati zona degredasi.

Teknologi Garis Gawang memang akhirnya digunakan untuk membantu wasit menentukan apakah telah terjadi gol atau tidak. Teknologi ini mampu mendeteksi apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

Setelah sempat ditolak penggunaannya, karena dinilai akan mengurangi unsur kemanusiaan yang menjadi ciri khas sepakbola, pada 5 Juli 2012 International Football Association Board (IFAB) akhirnya secara resmi menyetujui penggunaan teknologi ini.

Sebelumnya beberapa tim dirugikan akibat keputusan wasit terkait gol atau tidak ini. Pada Piala Dunia 2010 laga antara Timnas Jerman melawan Timnas Inggris, wasit menganggap tendangan Frank Lampard yang mengenai mistar gawang dan memantul melewati garis gawang lalu memantul lagi keluar bukan sebagai gol. Pemain Inggris protes, tapi wasit bergeming. Jerman akhirnya menang 4-1 atas Inggris.

Di level klub, tahun 2011 kejadian sebaliknya justru terjadi pada laga antara Chelsea dan Tottenham Hotspur. Di mana wasit justru mensyahkan gol hasil tendangan Lampard yang belum melewati garis gawang. Chelsea pun menang dengan skor 2-1.

Untuk mengurangi kerugian itulah, FIFA untuk pertama kali akhirnya resmi menggunakan Teknologi Garis Gawang pada perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Advertisements