Berikut kami sajikan lima makhluk-makhluk mitologi paling terkenal di dunia. Terkenal di sini berdasarkan seringnya penggunaan nama atau ilustrasi gambar dari makhluk-makhluk yang dimaksud, baik sebagai nama tertentu, lambang perusahaan, atau merek dagang.

Makhluk-makhluk ini sering aneh bentuknya. Terkadang berupa penggabungan antara hewan dan manusia, atau hewan satu dengan hewan lainnya. Biasanya juga memiliki kekuatan khusus.

Sering dikatakan bahwa makhluk-makhluk ini hanyalah hasil rekayasa orang-orang terdahulu. Namun tak jarang banyak juga yang percaya akan keberadaannya, terutama bagi penganut mitologi tempat cerita tentang makhluk-makhluk itu berkembang.

  1. Phoenix

PhoenixPhoenix atau feniks merupakan sejenis burung api yang dapat bertahan hidup lebih dari seribu tahun. Sering digambarkan sebagai burung dengan bulu-bulu indah berwarna merah dan kuning keemasan. Konon Phoenix tua yang telah hidup lebih dari seribu tahun dapat membakar dirinya sendiri. Kemudian dari abu sisa bakaran itu muncullah Phoenix muda yang lebih segar untuk hidup selama lebih dari seribu tahun lagi.

Phoenix sering digunakan sebagai nama komoditas atau perusahaan. Gambar ilustrasinya juga sering dipakai sebagai logo tertentu. Bahakan ibukota negara bagian Arizona di Amerika Serikat, juga menggunakan nama burung yang dipercaya sebagai lambang keabadian ini.

  1. Unicorn

UnicornUnicorn biasanya digambarkan sebagai kuda putih yang memiliki tanduk tunggal berbentuk spiral. Kuda ini sering dijadikan lambang kekuatan. Darah Unicorn dipercaya dapat menjadi obat mujarab dan membuat hidup abadi.

Keterkenalan Unicorn di antaranya ditopang oleh banyaknya ilustrasi dalam bentuk boneka yang lucu yang beredar di seluruh dunia. Selain karena seringnya ditampilkan dalam film-film animasi tentunya.

  1. Medusa

MedusaDalam mitologi Yunani, Medusa adalah satu-satunya Gorgon yang tidak abadi. Medusa sering digambarkan sebagai sesosok perempuan yang mempunyai rambut ular. Siapa pun yang menatap matanya secara langsung akan berubah jadi batu.

Medusa juga sering digunakan sebagai nama perusahaan atau merek dagang. Ada juga grup musik yang menggunakan nama ini. Di Jakarta, salah satu stasiun radio ternama menggunakan modifikasi ilustrasi Medusa sebagai logonya.

  1. Pegasus

PegasusPegasus adalah kuda bersayap yang keluar dari tubuh Medusa setelah kepalanya dipenggal. Konon, Gorgon yang tidak abadi itu dipenggal kepalanya oleh Perseus yang telah dilengkapi senjata-senjata sakti termasuk perisai cermin untuk menghindari kontak mata langsung.

Pegasus terkenal sebagai pembawa petir bagi Dewa Zeus. Hentakan kakinya ke bumi dipercaya dapat menimbulkan sumber mata air.

Pegasus juga banyak digunakan sebagai nama perusahaan atau merek dagang. Di antaranya sebuah maskapai penerbangan dan grup musik pop/rock asal Swiss.

  1. Chiron

ChironChiron atau Kheiron adalah Centaur yang paling pandai dan bijaksana. Centaur sendiri merupakan makhluk setengah manusia setengah kuda. Bagian dada ke atas menyerupai manusia, sedangkan perut ke bawah berbentuk kuda dengan empat kaki. Chiron dipercaya sebagia guru dari banyak pahlawan Yunani.

Umumnya nama Chiron digunakan dalam bidang Astrologi.

Catatan: Penomoran dilakukan hanya berdasar selera penulis.

Advertisements