Foto: nobelprize.org
Foto: nobelprize.org

Sejak tahun 1901 Penghargaan Nobel telah diberikan kepada beberapa orang atau organisasi di seluruh penjuru dunia yang memiliki prestasi mengagumkan di bidang fisika, kimia, kedokteran, sastra, dan perdamaian. Dasar penghargaan dibuat pada 27 November 1895 ketika Alfred Nobel menulis wasiat terakhirnya, di mana ia menghibahkan sebagian besar kekayaannya untuk diberikan sebagai Penghargaan Nobel.

Alfred Nobel lahir pada 21 Oktober 1833. Dengan penguasaan sedikitnya lima bahasa sejak berumur 17 tahun, selain sukses di dunia bisnis ia juga menekuni bidang lain seperti kimia,teknik, dan lain-lain. Ia juga berhasil menemukan dinamit dan 355 hak paten lainnya. Insinyur Swedia ini wafat pada 10 Desember 1896, dengan meninggalkan kekayaan sebesar 31 juta SEK (kira-kira sebanding dengan Rp3,18 triliun). Tanggal wafatnya dijadikan sebagai hari upacara pemberian penghargaan.

Pemenang penghargaan ditentukan oleh beberapa komite dari beberapa lembaga. Dalam fisika dan kimia, pemenang ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia. Fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh Institut Karolinska. Sastra ditentukan oleh Akademi Swedia. Perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk Norwegian Storting.

Sejak 1968 Sveriges Riksbank, bank Swedia, menambahkan penghargaan dalam ilmu ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel.

Berikut nama-nama penerima Penghargaan Nobel 2014:

Perdamaian

Dianugerahkan kepada Kailash Satyarthi dan Malala Yousafzai.

“Untuk perjuangan mereka melawan penindasan terhadap anak-anak dan remaja, serta pengupayaan hak memperoleh pendidikan untuk semua anak.”

Sastra

Dianugerahkan kepada Patrick Modiano

“untuk seni melawan lupa yang telah membangkitkan nasib manusia yang paling sengsara dan telah mengungkap kehidupan dunia di masa pendudukan.”

Fisiologi atau Kedokteran

Dianugerahkan kepada John O’Keefe, May-Britt Moser, dan Edvard I. Moser.

“untuk penemuan meraka atas sel-sel pembentuk sistem penempatan dalam otak.”

Kimia

Dianugerahkan kepada Eric Betzig, Stefan W. Hell, dan William E. Moerner.

“untuk pengembangan super-resolved fluorescence microscopy.”

Fisika

Dianugerahkan kepada Isamu Akasaki, Hiroshi Amano, dan Shuji Nakamura.

“untuk penemuan dioda pemancar cahaya biru yang lebih cerah dan sumber cahaya putih yang hemat energi.”

Ilmu Ekonomi

Dianugerahkan kepada Jean Tirole.

“untuk analisisnya tentang regulasi dan kekuatan pasar.”

 

Sumber: nobelprize.org

Advertisements