Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman (Foto: scbd.com)
Kawasan Bisnis Terpadu Sudirman (Foto: scbd.com)

Indonesia menempati urutan ke-77 dari daftar negara-negara terbaik untuk bisnis 2014 versi Forbes. Tercatat sepanjang 2014, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 5,3%, dengan PDB per kapita sebanyak $5.200.

Daftar tersebut adalah peringkat tahunan yang dikeluarkan Forbes. Di mana 2014 merupakan tahun kesembilan. Dan negara terbaik untuk bisnis tahun ini adalah Denmark.

Ini bukan kali pertama Denmark menempati posisi teratas. Sebelumnya, salah satu negara Nordik di Eropa Utara ini bahkan pernah berada di peringkat No. 1 tiga kali berturut-turut pada 2008, 2009, dan 2010.

Terlepas dari tantangan ekonomi yang dialami belakangan ini, iklim usaha Denmark dinilai sangat positif. Hal ini berdasar pada skor tertinggi yang mampu diraih Denmark dari setiap 11 kategori yang ditetapkan Forbes, terutama dalam kebebasan pribadi, teknologi, dan korupsi yang rendah.

Dalam menentukan peringkat 146 Negara-negara Terbaik untuk Bisnis, Forbes menilai dari 11 kategori, yakni: hak milik; inovasi; pajak; teknologi; tingkat korupsi; kebebasan (pribadi, perdagangan, dan moneter); birokrasi; perlindungan investor, dan kinerja pasar saham.

Adapun data-data yang dijadikan bahan penilaian didapat dari Freedom House, Heritage Foundation, Property Rights Alliance, Transparency International, World Bank, dan World Economic Forum.

Daftar lengkap Negara-negara Terbaik untuk Bisnis 2014 dapat dilihat di sini.

Advertisements