CIMG1656Perjalanan dari Pontianak ke Singkawang di Kalimantan Barat, merupakan perjalanan dari belahan bumi bagian selatan menuju belahan bumi bagian utara.  Kita akan melintasi garis tengah bumi atau equator, biasa juga disebut garis khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa

Perjalanan menyusuri pantai barat-laut Borneo ini, menempuh jarak sekitar 145 kilometer. Jika menggunakan mobil, waktu yang ditempuh berkisar selama 3 – 4 jam.

Jika perjalanan dilakukan menjelang matahari terbenam, mata kita akan dimanjakan berbagai pemandangan yang indah. Dan bila beruntung, kita dapat mengucapkan salam perpisahan pada matahari yang ditelan laut tepat di pantai Kelapa Ampat, atau sering dibilang Ancolnya Kalimantan. Lokasinya berada di tengah-tengah jarak Pontianak-Singkawang.

PTK-SKW 1Pertengahan Januari 2015 lalu, saya mendapat kesempatan pulang ke kampung halaman di Singkawang. Sayang, saya terlambat melihat matahari terbenam, karena sesampainya di Kelapa Ampat hari sudah gelap. Pesawat yang saya dan adik kandungku tumpangi baru mendarat di Pelabuhan Udara Supadio, Pontianak, ketika waktu menunjukkan pukul 15.30 WIB. Jarak tempuh Jakarta-Pontianak dengan pesawat memakan waktu 75 menit.  Di Bandara kami dijemput abang kandung dan pamanku.

PTK-SKW 2Untuk mencari beberapa keperluan, kami mampir dahulu di pusat perbelanjaan di jalan Ahmad Yani. Waktu kami semakin terkuras akibat macet di beberapa perempatan jalan, dan terutama di jembatan Kapuas I dan II.

PTK-SKW 3Jika Anda berniat melakukan perjalanan dari Pontianak ke Singkawang, sebaiknya dilakukan pada sore hari, dengan tak lupa memperhitungkan macetnya lalu-lintas Pontianak pada jam pulang kerja itu.

PTK-SKW 4Peta Kalimantan Barat dapat dilihat di sini.

Advertisements