Novak Djokovic di Australian Open 2015 (Foto: skysports.com)
Novak Djokovic di Australian Open 2015 (Foto: skysports.com)

Tunggal Putra

Petenis nomor 1 dunia, Novak Djokovic, sukses meraih gelar kelimanya di Australian Open setelah menaklukkan petenis Inggris Andy Murray. Di partai puncak yang berlangsung pada Ahad, 1 Februari 2015, Djokovic unggul atas Murray dalam pertandingan empat set dengan skor 7-6 (7-5), 6-7 (4-7), 6-3, dan 6-0.

Dengan hasil ini, petenis asal Serbia itu akan tetap berada di puncak urutan ranking dunia. Sementara Murray akan naik dua tingkat ke posisi keempat.

Tunggal Putri

Di sektor putri, Serena Williams masih terlalu tangguh bagi Maria Sharapova. Disaksikan publik Rod Laver Arena, Melbourne, Williams berhasil mengemas gelar keenamnya di Australian Open usai menekuk Sharapova dua set langsung 6-3 dan 7-6 (7-5).

Hasil tersebut sekaligus merupakan gelar Grand Slam ke-19 bagi petenis asal Amerika Serikat itu. Ia kini hanya terpaut tiga gelar dari petenis legendaris Steffi Graf yang telah membukukan 22 gelar.

Ganda Putra

Pasangan ganda putra Simone Bolelli dan Fabio Fognini, merupakan pasangan Italia pertama yang berhasil menjadi juara di Melbourne Park. Pasangan non unggulan itu berhasil menang atas pasangan dari Prancis yang baru kali ini bertemu,  Pierre-Hugues Herbert and Nicolas Mahut, dengan skor 6-4 dan 6-4.

Ganda Putri

Pasangan non unggulan Bethanie Mattek-Sands dari Amerika Serikat dan Lucie Safarova dari Ceko, mencatatkan diri sebagai peraih titel Australian Open 2015 di sektor ganda putri. Di final, pasangan yang baru bermain bersama ini berhasil mengandaskan perlawanan unggulan ke-14 Zheng Jie dari Tiongkok dan Chang Yung-Jan dari Taiwan dengan skor 6-4 dan 7-6 (7-5).

Ganda Campuran

Unggulan ketujuh, Martina Hingis dari Swiss dan Leander Paes dari India, keluar sebagai juara ganda campuran Australian Open 2015. Kedua berhasil mematahkan perjuangan unggulan ketiga pasangan Kristina Mladenovic dari Prancis dan Daniel Nester dari Kanada, dengan skor 6-4 dan 6-3.

Remaja Putri

Kejutan petenis putri muda usia asal Inggris Katie Swan harus terhenti di partai puncak Australian Open 2015. Usai mengalahkan unggulan teratas di putaran ketiga, petenis berusia 15 tahun itu gagal mencapai klimak. Di final, Swan harus mengakui keunggulan Tereza Mihalikova dan merelakan gelar tunggal remaja putri bagi petenis asal Slowakia ini. Mihalikova berhasil menang dua set langsung 6-1 dan 6-4.

Sumber: Sky Sports

Advertisements