Logo SEA Games ke28 Singapura 2015
Logo SEA Games ke28 Singapura 2015

Turnamen multi-event untuk kawasan Asia Tenggara pertama diadakan pada 1959 di Thailand. Waktu itu namanya adalah South East Asia Peninsular (SEAP) Games. Ada 12 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan peserta sebanyak 650 atlet termasuk kru.

SEAP Games diselenggarakan oleh SEAP Games Federation, yang anggota awalnya terdiri dari Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaya (sekarang Malaysia), Laos, Vietnam Selatan, dan Kamboja. Tak lama kemudian Singapura bergabung jadi anggota SEAP Games Federation.

Indonesia, Brunei Darussalam, dan Philippina kemudian ikut bergabung sejak 1977. Nama federasi kemudian diganti menjadi South East Asia Games Federation, dan kegiatannya sampai saat ini disebut sebagai SEA Games. Pada 2003 Timor-Leste melengkapi 11 anggota federasi.

SEA Games digelar setiap dua tahun sekali, ditempatkan di sela-sela antara pergelaran Olimpiade dan ASIAN Games. Sejak pertama kali ikut ambil bagian, Indonesia telah mencatatkan diri 10 kali tampil sebagai juara umum. Indonesia juga memegang rekor peraih medali emas terbanyak dengan 149 medali.

SEA Games ke-28

Hingga 2013, SEA Games telah banyak mengalami perkembangan. Selain jumlah negara peserta yang menjadi 11 negara, cabang olahraga yang dipertandingkan juga semakin banyak, yakni 35 cabang olahraga. Jumalah peserta juga berkembang mencapai 4.747 atlet termasuk kru.

SEA Games ke-28 diselenggarakan di Singapura, 5-16 Juni 2015. Dengan demikian, Singapura telah empat kali menjadi tuan rumah. Sebelumnya digelar pada 1973, 1983, dan 1993. Rekor penyelenggara terbanyak masih dipegang Thailand dengan enam kali pergelaran.

Pada pergelaran keempat ini, Singapura serius menggarap pesta olahraga kebanggaan masyarakat Asia Tenggara tersebut. Pasalnya, penyelenggaraan kali ini bertepatan dengan ulangtahun ke-50 negara-kota yang ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles itu.

Terdapat 36 cabang olahraga dengan 402 nomor pertandingan yang akan diselenggarakan di SEA Games ke-28 Singapura 2015. Cabang-cabang olahraga itu adalah aquatik (renang, renang singkronasi, loncat indah, polo air), panahan, atletik, bulutangkis, bola basket, billiards & snooker, bowling, tinju, kano, balap sepeda, berkuda, anggar, floorball, sepakbola, golf, senam, hoki, judo, netball, petanque, dayung, rugby 7s, berlayar, sepak takraw, menembak, silat, softball, squash, tenis meja, taekwondo, tenis, perahu naga, triathlon, bola voli, wakeboard & ski air, dan wushu.

SEA Games kali ini mengambil tema “Celebrete the Extraordinary”. Dengan maksud bahwa perbedaan budaya, bahasa, serta warna kulit yang ada di wilayah Asia Tenggara adalah anugerah luar biasa yang pantas untuk dirayakan.

Advertisements