Mana yang benar, pebalap atau pembalap? Cara mudah untuk mengetahui mana dari kedua kata tersebut yang benar adalah dengan mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Untuk keperluan itu, berkat kemajuan teknologi informasi, kita dapat menggunakan KBBI dalam jaringan. Pada kesempatan ini saya menggunakan dua situs KBBI daring. Pertama, KBBI daring dengan alamat https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Kedua, KBBI daring dengan alamat https://www.kbbi.web.id/.

Dalam kedua KBBI daring tersebut, tidak ditemukan entri yang memuat kata pebalap. Sebaliknya, yang ada adalah kata pembalap.

Dalam KBBI Kemdikbud, kata pembalap mengandung arti ‘orang yang turut dalam lomba adu cepat’. Adapun dalam KBBI Web, pembalap berasal dari kata dasar balap. Pembalap artinya adalah orang yang turut dalam lomba adu cepat.

Berdasar pencarian tersebut, kita dapat menilai bahwa yang benar dalam penulisan orang yang turut dalam lomba adu cepat adalah pembalap.

Sementara itu, kita juga dapat menentukan mana yang benar dari kedua kata tersebut dengan mengacu pada kaidah umum bahasa Indonesia.

Dalam kaidah umum bahasa Indonesia, lazim digunakan imbuhan pe- untuk menyatakan arti pelaku. Berikut contohnya.

(1)

bisnis   – berbisnis    – pebisnis
lari       – berlari        – pelari
jalan    – berjalan     – pejalan

(2)

beli       – membeli       – pembeli
bunuh  – membunuh  – pembunuh
baca     – membaca     – pembaca

Dari contoh tersebut dapat kita lihat bahwa imbuhan pe- untuk menyatakan pelaku mempunyai dua bentuk, yakni pe- dan pem-. Bentuk pe- berhubungan dengan kata kerja berimbuhan ber-, sementara bentuk pem- berhubungan dengan kata kerja berimbuhan me-.

Sekarang mari kita lihat kata balap. Kata ini lazim ditulis kata kerjanya dengan imbuhan me-; membalap. Jadi, berdasar contoh di atas, imbuhan pe- untuk menyatakan arti pelaku seharusnya ditulis dalam bentuk pembalap.

Demikianlah, kita dapat menyimpulkan bahwa antara pebalap dan pembalap, penulisan yang benar adalah pembalap.

Namun demikian, kita masih sering menemui penulisan yang keliru di berbagai media. Berikut contoh penulisan yang keliru diambil dari pemberitaan di berbagai media daring.

 

  • Motornya Sulit Dikendarai, Tim Honda Punya Pebalap Hebat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Motornya Sulit Dikendarai, Tim Honda Punya Pebalap Hebat”, https://otomotif.kompas.com/read/2018/04/04/084200815/motornya-sulit-dikendarai-tim-honda-punya-pebalap-hebat.
Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Agung Kurniawan

 

 

  • Jadwal GP Argentina Akhir Pekan Ini. Marc Marquez Waspada. Semua Pebalap Punya Peluang Juara!

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Jadwal GP Argentina Akhir Pekan Ini. Marc Marquez Waspada. Semua Pebalap Punya Peluang Juara!, http://batam.tribunnews.com/2018/04/04/jadwal-gp-argentina-akhir-pekan-ini-marc-marquez-waspada-semua-pebalap-punya-peluang-juara.

Editor: nandarson

 

 

 

 

Advertisements